Qur'an Flash

Qur'an Flash
"Dan Bacalah Qur'an dengan tartil" (sangat berguna terutama bagi mereka yang sedang haidh atau nifas yang tidak memungkinkan untuk menyentuh qur'an secara langsung)

Sabtu, 18 Juni 2011

Gule Kikil

Hmm...kalau di Riyadh ada warung padang, mungkin saya gak pernah bisa bikin gule kikil sendiri, heheh...mungkin itu kali ye...hikmahnya merantau di negeri orang lain, "terpaksa" berusaha meningkatkan skill memasak, fiuuh...tapi lama kelamaan akan terasa menyenagkan koq, karena kita akan tertantang untuk terus mencoba yang baru...ya nggak?

Ini percobaan dari gule kikil yang saya buat, dan agak kental:

Gule kikil, ada yg lepas dari tulangnya, hmm...


Bahan:
1. Cabe merah besar (6-8 bj, kl mau pedas, boleh ditambah)
2. Bawang merah (sktr 6 siung)
3. Bawang putih (3-4 siung)
4. Jahe (1 ruas jari)
5. Lengkuas
6. Serai (2 bj, saya suka aroma serai, jadi saya bikin serainya 2 bj)
7. Kemiri (4 bh)
8. Kunyit ( 1 sdt, bubuk)
9. Daun salam (3-4 lbr)
10. Kikil (dengan tulangnya: 1/2 kg)
11. Santan kental

Cara membuat:
1. Rebus kikil sampai lunak (kalau pake panci biasa, bisa sampai 3 jam, kalau pake presto sekitar 20-30 menit). Tiriskan. Kalau saya kurang suka dengan kuah rebusan kikil, karena saya kurang tahan sama bau dan minyaknya. 
2. Blender halus dengan minyak: cabe, bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri. Sisihkan.
3. Memarkan jahe, lengkuas, dan serai. Sisihkan.
4. Tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan bumbu yang telah dimemarkan, dan daun salam, lalu tumis kembali sampai harum.
5. Tuang santan ke dalam tumisan (sekitar 300-400 ml), lalu aduk hingga merata.
6. Masukkan kikil yang sudah lunak tadi, dan rebus sampai agak mengental.
7. Masukkan garam dan gula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar