Qur'an Flash

Qur'an Flash
"Dan Bacalah Qur'an dengan tartil" (sangat berguna terutama bagi mereka yang sedang haidh atau nifas yang tidak memungkinkan untuk menyentuh qur'an secara langsung)

Sabtu, 03 November 2012

Seutas Tali Persahabatan yang Terjalin di Riyadh

Saya tulis sepenggal catatan kecil ini, sebagai bentuk kenangan tersendiri bagi saya, sehingga kenangan yang telah saya lalui bersama mereka bisa tetap tersimpan di hati kemudian di tulisan ini...

Awal mula saya datang ke Riyadh, yaitu sebulan setelah pernikahan saya dengan suami saya, Wimpy Karnanda, yang berencana untuk mengajak saya menunaikan ibadah haji. Dari bandara (....palembang), kami menaiki pesawat menuju Singapura (Changi Airport), dan dilanjutkan menuju Riyadh.

Orang pertama yang ingin saya ucapkan terima kasih adalah Abu 'aisyah, dan isterinya, Ummu 'Aisyah, Mba dela, yang rela menjemput kami ke bandara. Begitu juga mengantar kami untuk berbelanja keperluan sehari-hari di awal-awal kehidupan kami di Riyadh. Suami saya pun sering berkonsultasi dengan Abu 'Aisyah. Bisa dibilang kehidupan awal-awal kami di Riyadh banyak sekali dibantu oleh keluarga ini.

Saya tinggal di Ummul Hammam Barat, semacam apartemen sederhana yang dihuni oleh tiga keluarga Indonesia dalam satu rumah. Apartemen ini terdiri dari tiga tingkat, dimana tingkat pertama ditempati oleh kami dan dua tingkat di atas ditempati oleh orang Mesir dan kebangsaan lain.

Tetangga pertama saya, Mba Mishky Ashrina (atau biasa saya bilang mba quiqui/kiki), menyambut saya dengan semangkuk sayur rebus hangat dan gorengan, wuiiihhh...alhamdulillah pas lagi laper dan cape banget, hehehe...Saya juga sangat berterima kasih sama beliau. Beliau banyak sekali membantu saya, dari mulai hal memasak (maklum saya masih belajar-belajar waktu mulai nikah -alias belum bisa masak-, hehehe), menjelaskan keadaan rumah, dan memberi contoh-contoh baik lainnya layaknya seorang kakak bagi saya. Kadang bercanda, memberi nasihat, mendengarkan, dan berusaha memahami keluh kesah saya, hehehe. Begitu juga suami beliau, Pak Iwan, kami juga banyak berterima kasih kepada beliau, karena beliau bisa dibilang engineer-nya rumah 3, terutama kalau ada barang yang rusak. Oiya, rumah kami disebut rumah 3, karena ada 3 keluarga yang tinggal di situ. Keluarga ini juga mengajarkan kesederhanaan, rasa semangat untuk mandiri, dan tentunya enterpreneurship (mereka dagang kerupuk disini, kerupuknya dibuat sendiri lho...heheheh...soalnya saya jadi tukang icip-icip kerupuknya waktu masih coba-coba).

Tetangga kedua saya, mba Juwita Laila Ramadhan, atau biasa saya panggil Ummu Ahmad (Anak beliau bernama Ahmad, Ibrohim, dan Shofiyyah). Nah tetangga yang satu ini, bisa dibilang konco-an dalam berbagai hal, heheheh...kalau kami sudah ketemu, sudah deh, kami akan berdiskusi banyak hal (istilah kerennya bikin pasar bawang, wkwkwk), dari mulai masakan, anak, kerajinan tangan, keluarga, masalah agama, dll. Saya juga berterima kasih pada tetangga saya yang satu ini, karena beliau yang mengajarkan bahasa Arab, diawal-awal saya di Riyadh, sebelum masuk Daar Adh-Dhikr. Saya dan Mba Kiki belajar bahasa Arab dengan beliau di waktu-waktu suami kami tidak ada dirumah. Beliau juga teman seperjuangan saya di sini, selama 3,5 tahun kurang lebihnya, kenapa? kami memiliki beberapa sifat yang sama, masalah yang sama, yang kami sering diskusikan, sama-sama belajar jualan hasil karya kami dari crochet atau merenda, sama-sama jadi panitia acara dan tentunya bingung bersama, sama-sama belajar mendidik anak, sama-sama berusaha menghapal bareng, sama-sama ikut musabaqoh, sama-sama belajar bikin donat dan bolu bareng, dll, heheh...banyak kenangan bersama beliau, dan banyak hutang budi yang hanya ALLAH ta'ala yang bisa membalasnya. Tersinggung kemudian baikan lagi, nangis kemudian mereda lagi, banyak hal yang terjadi, yang alhamdulillah banyak pelajaran yang bisa dipetik, dan beberapa moral dan sikap yang dapat terbentuk.

Mba kiki dua tahun bersama kami dan yang menempati kamar beliau selanjutnya mba Eidda Agustina, atau yang biasa saya panggil, mba Eid. Tetangga saya yang satu ini lulusan keperawatan, jadi kadang-kadang kalau ngorol kita bisa "nyambung" ke masalah kesehatan, heheh..Beliau memiliki putri bernama Humaira, yang jadi teman sepermainan Rumaisha, dari mulai senyum-senyum bersama, panggil-panggil nama, main bersama, bertengkar bersama, dan maaf-maafan lagi, kemudian main lagi, hehehe... semangat mba Eid dalam mempelajari hal yang belum beliau ketahui, terkadang membuat saya kagum dan ikut tersemangati juga, misalnya belajar bikin donat, bikin crochet, bahkan katanya ada rencana belajar flanel, hehehe... (saat saya kontak lagi, sudah belajar flanel di Indonesia, hoooaaah). Saya berterima kasih kepada tetangga saya ini, karena beliau dan suaminya menjadi orang pertama setelah suami saya yang membantu kelahiran Isma'il (putra kedua saya) yang diluar rencana, heheh...dan tentunya bikin panik.

Satu tahun saya bersama mba Eidda, kamar beliau diisi lagi oleh tetangga baru saya Herlani Ummu Zakariya (yah...walaupun anaknya bernama Nabilah, hehehe), yang biasa saya panggil Lani. Kalau lihat tetangga yang satu ini rasaya koq saya jadi tua ya? heheh...soalnya sebelum-sebelumnya tetangga saya, saya panggil mba semua karena lebih tua dari saya, nah sekarang lebih muda, jadi sadar kalau saya sudah berumur, hehehe. Ade yang yang satu ini, orangnya kocak dan polos. Walaupun begitu bisa dibilang sensitifnya tingkat tinggi, dan itu yang bikin saya kagum. Jarang-jarang ketemu orang yang perasa (dalam hal positif ya..), heheh... sekitar dua bulan saya lewati bersama tetangga ini, teman jalan-jalan bareng, teman masak bareng, bahkan "nyuci bareng", heheh..

Nah, bergeser sedikit dari rumah 3, ada yang namanya rumah 9, hehehe...bisa ditebak kan, mengapa namanya rumah 9? iya iya benar, karena ada 9 keluarga orang indonesia yang tinggal disitu dan mereka menyewa satu apartemen penuh.

Mba Rifka Juwita: nah ibu dengan 3 anak ini, yang terkadang saya tanyakan masalah anak. Sikapnya yang dewasa dan tenang, membuat saya tenang dalam berdiskusi sama beliau. Saya juga pernah diberi gulai nangka waktu saya ngidam gulai nangka, heheh...delivery gratis, syukron ya mba rifka...

Mba Dela Puspitasari: Ini tadi mba yang saya bilang orang pertama yang saya ucapkan terima kasih. Beliau membantu kehidupan awal-awal kami di Riyadh, salah satunya menumpang mobil beliau untuk berangkat ke Daar, dan ta'lim masyaikh. Dan...hobi mba yang satu ini cocok sama hobi saya juga, apa ya? "Jalan-jalan"  ke tempat-tempat baru dan alami: museum, taman, wadi, dll. Beliau juga awal-awal mengajar di rumah 3, yaitu qowaidul arba' (tamat), dan arba'un nawawi (belum tamat, hehehe, keburu ikut Daar). Paling awal juga bersilaturahim, kalau ada yang melahirkan, baru pindah rumah, atau meninggal. Kadang jika ada waktu, kami makan bersama di taman, jalan-jalan ke museum, bakar-bakaran ikan di wadi, atau sekedar berbincang bersama di tepian wadi atau danau buatan. Beliau juga sering kasih delivery ke rumah 3 (jadi malu, hehehe...gak pede kasih makanan, beraninya kasih crochet-an aja ya mba, heheh): mie ayam, baso tahu, dll. Syukron ya mba del..

Teh Wiwin Winarti: teteh yang satu ini kalem, kalau bicara tenang, heheh...yang saya ingat dari perkataan beliau salah satunya tentang anak (waktu itu saya sedang gelisah melihat perkembangan Rumaisho), "Tenang aja may, semua ada waktunya." Iya benar teteh...Teh wiwin juga mengajarkan saya semangat untuk belajar, mencoba yang baru, berani, dan enterpreunership juga (beliau jualan baso tahu "thoyyibah" di Riyadh bersama mba Ita). Beliau orang pertama yang memesan crochet dari saya, dan bermula dari situlah timbul keberanian dan keinginan saya untuk mencoba belajar berdagang. Syukron ya teh wiwin...

Mba Nurulita Candra Dewi: biasa saya panggil mba Ita, konconya teh wiwin jualan baso tahu. Kesan pertama saya ke mba Ita...wuiih...coooool, kalem gitu, soalnya kalau saya sudah ketawa-ketawa, beliau masih senyum-senyum begitu, hehehe. Tapi dibalik ke-cool-annya, ternyata beliau perasa juga, heheh...waktu kami kerja bareng untuk acara pameran di daar, beliau masak makanan, menyediakan minuman (padahal beliau juga lagi sibuk), katanya, "kasihan sama ibu hamil" (jadi malu saya, heheh...walaupun senang juga, hohoho..). Dan saya selalu terkagum-kagum setiap mendengarkan kisah kelahiran Rofif, putra mba Ita, dimana beliau berjuang di negeri rantau ini, tanpa keluarga. Proses melahirkan beliau dimulai dari ditolak oleh rumah sakit, ditangani oleh orang yang tidak profesional, pendarahan, dll. Kejadian yang menimpa beliau banyak menjadi pelajaran bagi kami, para Ibu yang hendak melahirkan di Riyadh. Syukron ya mba Ita...

Teh Ima Rahma: Pemilik paten merk "lazizah" ini, teteh yang asyik dan rame, hehe...menurut saya ini mah. Orangnya paling tidak senang merepotkan orang lain, mudah "gak enakan", kreatif (gak dalam masalah dekorasi aja, tapi juga makanan -percayakah anda, diatas siomay didekor manis dengan parutan wortel, jadi tampak seperti bunga??, hehehe-). Beliau yang merancang dekorasi di pameran kebudayaan Daar Adh-Dhikr untuk Indonesia, dan menjadi salah satu koki di rumah 9, hehehe. Banyak sekali bantuan beliau ke saya: dimulai dari kue nastar (saya ngidam banget waktu itu -heran yah, saya banyak ngidamnya?heheh...Sudah begitu, saya banyak mintanya lagi, "teh nastarnya begini dan begitu yah? hohho-), resep masakan, penyemangat dalam berdagang, diskusi masalah anak (ingat saya perkataan beliau, "anak itu jangan dipaksa, biarkan dia jalani sendiri" intinya begitulah....), dll. Banyak juga sifat dan sikap beliau, yang membuat saya ingin terus memperbaiki diri.Syukron ya teh Ima...

Teh Ninda: Teteh yang memiliki hobi yang sama dengan saya dalam masalah kerajinan tangan. Beliau termasuk ahli dalam flanel craft, dan tertarik untuk mempelajari berbagai jenis kerajinan tangan. Yang paling terlihat dari teteh yang satu ini bagi saya adalah usaha beliau dalam mendidik buah hatinya, dan memberikan yang terbaik. Aufa, nama anak beliau, hanya beda satu bulan dengan Rumaisha. Kami banyak bertukar pikiran tentang bagaimana cara mendidik anak, mainan apa yang bagus bagi mereka, bagaimana kurikulum bagi batita, makanan yang terbaik untuk anak, dll. Begitu juga untuk "craft", suka seru kalau sudah bicara masalah ini: mau belajar quilt, belajar beading, belajar crochet, belajar flanel, tentang alat-alat kerajinan, tentang usaha menjual kerajinan, dll, hehehe...nyambung kalau sudah ngobrol, hehe. Syukron ya teh Ninda...

Enam orang diatas, memang sering berinteraksi dengan saya, dan termasuk penghuni lama rumah 9, sedangkan tiga keluarga lainnya terkadang berganti selama satu tahun, namun cukup memberi kesan bagi saya:
Nurul Aida: Teman dari Aceh ini, baaaiiiik banget, senang sekali membantu walaupun terkadang hal tersebut tidak terlalu berhubungan dengan beliau. Misal: saat persiapan pameran Daar, beliau rela jaga anak-anak kami (Padahal beliau belum ikut Daar). Tuturnya lembut, ramah senyum, dan menurut saya termasuk tipe yang sabaran, hehehe. Beliau konconya teh Ninda dalam flanel craft. Syukron ya Nurul..

Masyithah Hanum: Ade yang satu ini, lucu, tapi cukup dewasa kalau menurut saya. Orangnya pengertian dan tahu bagaimana caranya menghargai yang lebih tua dari tutur bahasanya. Kami memiliki pengalaman bersama di beberapa umroh. Syukron ya Sita..


Mba Sri Ayuningtyas: Saya biasa panggil Mba ning, mba yang dewasa, sabar, dan lembut. Kalau saya cerita, sudah agak heboh, nanti beliau jawab (seringnya), "oh gitu ya  mba maya" (sambil senyum), hehehe...
Syukron ya mba Ning..

Mba Mela: Penyiar radio yang satu ini, bisa dibilang mba yang kayaknya saya baru ketemu sekali, itu pun di supermarket (iya gak sih mba?), kami malah sering berhubungan lewat dunia maya sesaat sebelum dan sesudah beliau pulang ke Indonesia. Dari situ saya ketahui, beliau orangnya asyik dan kocak. Suami beliau juga seorang muallaf, masyaALLAH, saya yakin itu membutuhkan perjuangan untuk sama-sama belajar tentang agama ini. Semangat ya mba Mela. Syukron ya Mba Mel..

Mba Titus: Saya beberapa kali bertemu dengan mba ini, waktu saya baru melahirkan, beliau termasuk orang yang mengunjungi saya yang belum pernah saya lihat dan kenal sebelumnya...masyaALLAH, kesan pertama saya, orangnya baik yah..mau silaturahim ke orang yang belum dikenal sekalipun. Pertemuan selanjutnya saya sedkit kenal bahwa mba ini kalem, suka mengajak lawan bicaranya senyum. Syukron ya mba Titus...

Disamping Rumah 9, ada rumah 1, heheh...sebenarnya kami saja yang menamakan seperti itu, karena hanya ada satu keluarga Indonesia di apartemen itu, yang lainnya keluarga orang asing.

Mba Verawaty Lihawa: Blogger yang sering saya panggil mba Ela ini, orangnya seru, rame, kocak juga, dan yang sangat terlihat, beliau semangat sekali untuk menuntut ilmu syar'i. Bisa dilihat dari banyaknya aktivitas ta'lim yang beliau ikuti. Beliau juga memiliki semangat dagang yang tidak jauh beda dengan suaminya. Produk pertamanya di Riyadh ini: Martabak Manis Terang Bulan dan Perang Bintang, heheh...seru khan? Banyak sifat dan sikap beliau yang membuat saya salut terutama dalam hal semangat beliau, terkadang saya juga ikut tersemangati, "iya iya...saya juga harus bisa". Syukron ya Mba Ela...

Mereka-lah saudari-saudari yang sangat sering saya mintai bantuan, sering berinteraksi dengan saya, mungkin sering juga saya langgar hak-haknya, namun mereka sering membantu saya dengan segala kebaikan dan kelebihan yang ada pada diri mereka.MasyaALLAH...



Dan ada beberapa orang lagi yang ingin saya haturkan terima kasih atas segala bantuan mereka pada saya: Bu Agung (Kesediaan beliau membimbing saat saya jadi panitia acara), mba Ika, Mba Uli (dan seluruh anggota PERMATAKU Saudia), Bu Fuad, Bu Retno, Ummu Jamilah, Kak Yen, Kak Rita, Bu Hamidah (dan seluruh anggota Minang Saiyo), Ummu Ziyad, Ummu Fredi, Teh Asiyah, Ummu Salman (dan seluruh anggota Jaliyat Nashim), Bu Jubaedah, Mba Nona, Teh Kiki (dan seluruh guru-guru SIR), Ummu Shofiyyah, Ummu Yahya, Ummu Unaisah (dan seluruh Ummahat Diriyyah), Ummu Musa, Ummu Ukasyah, Ummu 'Amr, Ummu Ibrohim, dll

Saya juga berterima kasih kepada Ummu Ahmad, dan seluruh isteri-isteri dosen dan mahasiswa jurusan Petroleum KSU, atas pertemuan dan perkumpulannya.

Saya juga berterima kasih kepada Hanini (malaysia), Hajaroh(India), Amatus Sami'(India), Zulaikho (Turki), Yumna (Afrika Selatan), Sairoh (India), Saghufta (India), Fatihah (Britania), Ummu Sausan (Maghrib), ummu Ahmad (Afrika), Syalimar (Amerika), Sumayyah (Amerika), Karimah (Amerika),  dan seluruh teman-teman di Daar Adh Dhikr.

Sebenarnya banyak sekali orang-orang yang ingin saya ucapkan terima kasih atas semua kebaikan yang telah mereka berikan pada saya dan keluarga saya.

Saya beserta keluarga, mengucapkan "Jazaakumullaahukhoyroo wa jazaakumullaahu jannatal firdaus" atas segala kebaikan yang ibu-ibu, mba-mba, teteh-teteh, ade-ade, ummu-ummu, berikan kepada saya dan keluarga, dan kami meminta maaf atas segala khilaf yang kami perbuat baik sengaja maupun tidak, baik berupa perkataan, perbuatan, ataupun prasangka. Semoga kita dipertemukan di tempat yang lebih baik dan semoga tali silaturahim ini tidak terputus dan saya memohon kepada ALLAH Ta'ala untuk meridhoi setiap jalinan persaudaraan yang kita miliki.

Alhamdulillaahirobbil'alamiin.








Nb: Saya tulis catatan kecil ini sebagai kenangan untuk saya pribadi. Adapun apa yang saya gambarkan murni berupa pendapat saya berdasarkan apa yang saya rasakan dan amati secara dzohir, adapun masalah batin, itu bukan urusan saya, dan saya tidak pernah berniat untuk tahu. Saya juga tidak bermaksud membersihkan (tazkiyah) seseorang dengan tulisan ini, saya benar-benar hanya ingin menjadikannya kenangan, dan saya ingin menyimpan perasaan yang saya miliki saat ini melalui tulisan ini. Mohon maaf jika ada yang tidak berkenan.


Selesai tulisan ini pukul 09.38  a.m Waktu Saudi Arabia, 18 Dzulhijjah 1434 H, di Syuqqoh Ummul Hammam, Riyadh

1 komentar:

  1. Assalamualaikum mba..salam kenal yaa dari saya. Saya wni yg baru 1 bulan tinggal di Riyadh bersama suami. Dan saya sama skali belum punya silaturahmi dengan sesama wni di Riyadh sini. Kiranya mba bisa memberikan informasi bagaimana saya bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan sesama wni di Riyadh?terimakasih banyak mba..Wassalamualaikum

    BalasHapus