Qur'an Flash

Qur'an Flash
"Dan Bacalah Qur'an dengan tartil" (sangat berguna terutama bagi mereka yang sedang haidh atau nifas yang tidak memungkinkan untuk menyentuh qur'an secara langsung)

Minggu, 19 September 2010

كنافة: Makanan Khas Timur Tengah

Kunaafah, atau kanafeh (ing.)  makanan khas Palestina yang berasal dari kota Nablus, namun kemudian menyebar ke daerah Mediterania dan Timur Tengah.

Nah, awal mencoba kunafah ini adalah ketika saya masih di Rumah Sakit pasca melahirkan. Suami saya membawa Kunafah, rasanya manis dan ada sedikit asin-asin, tapi dominannya manis dan enak. Awalnya saya menduga kunafah ini terbuat dari kelapa parut yang dikasih krim ditengahnya, tapi ternyata salah, hehehe..
Kunafah ini terbuat dari "kadaif pastry", semacam mie bihun yang tipis dan halus, nama pasarannya "Kunafah Dough" atau "Fillo Dough Thin".

Karena ketagihan, akhirnya saya ingin mencoba buat dengan alat yang sederhana dan bahan yang seadanya di rumah. Jadinya begini:

Bahan:
1. Kunafah Dough (saya pake merk Sunbulah)
2. Margarine/mentega (dipetunjuknya pake sweet butter cream, tapi saya coba pake mentega aja, yang ada)
3. Keju Mozarella parut (Shredded Mozarella)
4. Susu +Gula+air+tepung jagung (corn starch)/ cream yang sudah jadi (kl saya bikin sendiri krimnya biar bisa banyak susunya, hehehe, dan rasanya bisa divariasikan).
5. Air Gula atau syrup

Kunafah Dough, Keju Mozarella, Susu Bubuk, dan Mentega 


Ini dia Kunafah Dough, mirip bihun khan??? :P

Alat:
1. Teflon
2. Alumunium foil (dibentuk semacam wadah, kl saya pake wadah yang dari alumunium foil, tapi sebenarnya di petunjuk aslinya menggunakan oven lho...)

Cara Membuat:
1. Siapkan krimnya (Susu direbus lalu dimasukkan gula dan tepung jagung, aduk terus samapi mengental. Biar gak menggumpal tepung jagungnya dicairkan terlebih dahula, dan aduk terus selama memasak)
2. Robek-robek kunafah dough, dan suir-suir hingga menjadi seperti mie yang terpotong-potong kecil, lalu campurkan dengan mentega, aduk hingga rata.
3. Masukkan campuran tersebut ke cetakan alumuniom foil, ratakan, lalu oles dengan krim secukupnya, kemudian taburkan keju mozarella diatasnya.
4. Setelah itu tutup keju dengan campuran kunafah dough-mentega tadi.
5. Lalu panggang di atas teflon (kl saya cuma sebentar masaknya, jadi jangan lama-lama ya,nanti gosong, hehe).
6. Setelah matang, basahi dengan air gula (ini yang simpel, dan ini yang saya coba), atau bisa juga dengan syrup (ini dari petunjuk aslinya :P).

Kalo ana masaknya jadi begini (berhubung belum ada oven jadi pake teflon):

Masak dicetakan alumunium foil, diatas teflon. Sebenarnya bisa langsung di teflon, kl ukuran dan bentuknya sesuai, hehehe)

Jadinya begini (edisi perdana):


Kunaafah Perdana

nb: Campuran kunafah dough dan mentega tadi sebelumnya dibagi 2 untuk lapisan atas dan bawah. 

Hmm....mau coba? enak lho....sweet pastry from eastern mediterania alaa andunisy, hehehe.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar