Qur'an Flash

Qur'an Flash
"Dan Bacalah Qur'an dengan tartil" (sangat berguna terutama bagi mereka yang sedang haidh atau nifas yang tidak memungkinkan untuk menyentuh qur'an secara langsung)

Kamis, 17 Maret 2011

Saudi Aramco Exhibition

Hmm...ini dia sejenis museum yang memperlihatkan miniatur alat-alat di salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia, Aramco. Cara mereka tergolong asyik untuk mengajarkan alat-alat yang memiliki mekanisme yang rumit, nice en edukatif.....

Ini sebagian pemandangan & alat yang sempat tertangkap kamera:

Bagian depan pintu masuk museum

Ada semacam batu bulat besar menyerupai globe di halaman depan museum.

Keadaan di dalam museum. Terdiri dari 2 tingkat. Lantai untuk Basement : tempat sholat, makan, dan Lantai Satu: Museum dan Bioskop (untuk nonton sejarah Aramco, hehehe)

Benda pertama yang terlihat aneh buat saya, hehehe...Ini hanya sekedar TV yang menampilkan gambar-gambar di bagian perminyakan.

Ini dia TV nya, tapi yang bikin keren tempat menyimpan TV nya, ya gak sih???

Aduh saya lupa ini apaan ya...tapi ini semacam gambar peta dibawahnya...
Terlihat tidak petanya???

Ini kapal untuk mengangkut minyak 

Miniatur kapal tanker untuk mengangkut minyak

Miniatur platform pengolahan minyak lepas pantai

Ini iseng!!!! hehehe....cuma lucu aja sama bentuknya..

Bagian tengah museum


Produk Distilasi Minyak Bumi. Bisa dilihatkan, di bagian sampingnya ada penjelasan pada tiap-tiap produk.

Ini tempat melihat bagaimana cara mengolah minyak bumi.

Proses Pengolahan Minyak Bumi

Hasil pengolahan minyak bumi, dibedakan menjadi beberapa tabung dengan tekanan tertentu.

Ini mobil untuk mengebor minyak di darat

Separator: Memisahkan Gas di dalam minyak mentah.

Demo untuk melihat efek perbedaan masa jenis. Tabung ini bisa kita putar, dan kita akan melihat zat apa yang terletak di atas.

Peralatan zaman baheula

Miniatur alam bawah laut (semacam aquarium besar dengan berbagai jenis ikan)
Terrascope: Ini semacam ruangan, yang didalamnya kita dibuat seakan-akan masuk ke dalam bumi.  Kita bisa melihat jenis batuan pada kedalaman bumi sekian meter, juga bisa melihat dimana letak minyak ditemukan dan pada kedalaman berapa. Di ruangan ini pun dijelaskan jenis dan struktur molekul-molekul pada setiap lapisan batuan. Efek getaran pada lantai di ruangan ini seakan-akan membuat kita masuk ke dalam bumi, dimana semakin dalam lapisan bumi, semakin kuat getarannya.

Ini dia ruangan didalam terrascope. Tulisan DEPTH= menunjukkan kita sedang berada di kedalam berapa meter dibawah permukaan bumi. Dan layar dibawahnya menunjukkan lapisan bumi yang sedang kita tempati. Ruangan ini gelap, jadi kita benar-benar merasa seperti di dalam bumi. Buat saya, bagian ini yang paling menarik, hehehe...

Sebenarnya masih ada beberapa foto lagi....tapi rasanya belum mood untuk menambahkan....hehehe...Segini dulu ya...kalau ada kesempatan insyaALLAH kita sambung lagi.

Semoga menghibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar