Qur'an Flash

Qur'an Flash
"Dan Bacalah Qur'an dengan tartil" (sangat berguna terutama bagi mereka yang sedang haidh atau nifas yang tidak memungkinkan untuk menyentuh qur'an secara langsung)

Minggu, 08 Mei 2011

Paru Goreng

Yup, kangen dengan masakan yang satu ini. Kalau di Indonesia, biasanya masakan ini saya beli di warung padang dan warung sunda. Perbedaannya: kalau di warung padang, parunya digoreng agak garing, sedangkan kalau di warung sunda, parunya digoreng agak basah. Tapi dua-duanya tetap enak, hehehe...

Karena di Riyadh sini, saya belum ketemu rumah makan padang, ataupun rumah makan sunda yang menjual masakan ini, jadi saya coba membuatnya sendiri. Ini resep setelah uji coba yang kedua kalinya, karena yang pertama gagal. Letak kegagalan pertama, karena saya tidak tahu kalau paru itu alot (soalnya penampilannya "enyoy-enyoy" gitu), maklum baru pertama lihat paru, biasanya langsung beli jadi, hehehe...Lalu saya coba searching, dan menurut resep di salah satu website, disebutkan harus direbus 3 jam. Dan eksperimen pun dimulai....setelah saya rebus selama 3 jam...tadaaaaaaaaaaaaaaa....si paru terlalu lembek, bahkan tidak bisa dipotong-potong, hiks...sedihnya...entah resepnya kurang sesuai, entah paru Saudi dan Indo berbeda, hehehe...tapi yah ga papa....akhirnya jadi ingin coba lagi...Ini resep eksperimen kedua, rada lumayanlah, alhamdulillaah....

Ini dia paru goreng, saya kasih tepung kanji sedikit, agar lebih garing, tapi tidak kering


Bahan:
1. Paru (1 kg)
2. Daun Salam (4-5 lbr)
3. Serai (3 btg)
4. Bawang putih (sktr 6 siung)
5. Merica bubuk (sckpnya)
6. Ketumbar bubuk (kalau saya suka agak banyak, 3-4 sdm)
7. Garam
8. Kunyit (sktr 2 cm)
9. Kemiri (5-6 bj)
10. Tepung kanji (sedikit)

Cara Membuat:
1. Rebus paru, bersama daun salam dan serai (dimemarkan). Kalau saya akhirnya menggunakan panci presto, sekitar 15-20 menit setelah uap keluar (bukan dari menyalakan api ya....)
2. Tumbuk halus bawang putih, merica, ketumbar, kemiri, dan kunyit. 
3. Setelah masak, tiriskan paru, dan diamkan sejenak. Setelah agak dingin, potong-potong paru dengan ketebalan sesuai selera.
4. Lumuri paru dengan bumbu halus dan garam, lalu simpan di kulkas sekitar 30 menit.
5. Keluarkan dari kulkas dan taburi paru dengan tepung kanji.
6. Goreng sampai matang.


Note: ini versi eksperimen yang kedua saya, mungkin Anda akan menemukan banyak versi dari cara memasak paru goreng, silahkan di coba saja, dan nggak perlu takut gagal...kegagalan dalam memasak, akan menambah skill Anda...hehehe...(menghibur.com, tapi beneran lho..)

catatan dari tetangga saya: 
Nah, kalau tetangga saya, dia memasak juga paru goreng versi garing (keripik paru). Bedanya paru yang sudah dimasak, diberi bumbu dan dimasukkan ke freezer. Setelah mengeras, dipotong tipis-tipis lalu digoreng.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar