Qur'an Flash

Qur'an Flash
"Dan Bacalah Qur'an dengan tartil" (sangat berguna terutama bagi mereka yang sedang haidh atau nifas yang tidak memungkinkan untuk menyentuh qur'an secara langsung)

Senin, 02 Mei 2011

Sambal Ijo

Alhamdulillah, dikasih tomat hijau sehabis  makan di Restoran Chiang Mai (Thailand). Restoran ini tergolong ramai dikunjungi oleh orang-orang dari mancanegara, bahkan bule saja makan disini, padahal rempah-rempahnya kerasa banget.... Salah satu menu andalan keluarga saya adalah Tomyam, sejenis sop seafood namun kaya akan rempah-rempah...


Btw, ya sudahlah yah...kita nggak akan berbicara tentang restoran ini lebih jauh, tapi kita akan berbicara tentang nasib tomat hijau yang dikasih oleh pelayan restoran tersebut...


Tomat hijau jarang saya temukan di pasar/supermarket di Riyadh. Kalupun ada, harganya lumayan tinggi jika dibandingkan dengan tomat biasa, karena sayuran jenis ini merupakan sayuran impor. Jadi, mumpung dapat tomat ini gratis, saya putuskan membuat sambal ijo, sambal khas padang, yang mantap bangeed...(gejala kecanduan sambal hijau: on), hehe..


Sambal Ijo




Bahan:
1. Sambal Hijau (saya pakai yang besar, 10 buah)
2. Bawang Merah (sekitar 6-8 siung)
3. Tomat hijau (1 buah, saya dapat yang agak besar)
4. Garam
5. Teri Medan (Kalau suka, saya belum pernah bikin dengan teri medan, tapi kalau makannya sudah pernah, hehe...)


Cara Membuat:
1. Tumbuk kasar cabe hijau dan bawang merah, setelah semua tertumbuk, tumbuk tomat ala kadarnya (setelah diiris-iris).
2. Panaskan minyak untuk menumis (agak banyak sedikit, sekitar 5-6 sendok). Kl minyaknya bekas goreng daging, lebih enak lho, hehe...
3. Masukkan sambal yang telah ditumbuk, dan tumis hingga tercium bau cabe (warna hijaunya sedikit memudar)
4. Masukkan garam. Tambahkan teri medan yang sudah di goreng (jika suka).
5. Sajikan dengan nasi hangat.






note: Special thanks to my mother in law for this recipe.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar