Qur'an Flash

Qur'an Flash
"Dan Bacalah Qur'an dengan tartil" (sangat berguna terutama bagi mereka yang sedang haidh atau nifas yang tidak memungkinkan untuk menyentuh qur'an secara langsung)

Sabtu, 22 Oktober 2011

First Hand Painting Of My Daughter

First Hand Painting of My Daughter, although i think it's only a half way, heheh...keburu lihat air di taman, dan meninggalkan kegiatan paintingnya dengan cepat, hehe..(Ini hanya ada warna hijau, karena dirumah baru punya warna hijau, mungkin bisa dicoba warna lain untuk kesempatan yang lain.)
Tujuh belas bulan 3 minggu, umur Rumaisha saat ini. Saya agak bingung juga mencari kurikulum pendidikan untuk usia anak dini. Alhamdulillah setelah mencari-cari dari berbagai sumber, terutama dari situs "baby centre", saya menemukan metode-metode yang cukup unik dan mudah dilakukan untuk anak di bawah usia 2 tahun. Salah satunya adalah hand painting

Kalau di situs resminya disebut "paw painting", tapi karena saya pikir, untuk pertama kali, sebaiknya anak diberi kebebasan dalam melakukan apa yang menurutnya menarik jadi tidak perlu kita paksa anak untuk membuka tangannya, lalu mencetak sesuai bentuk tangan seperti yang disebutkan di sana. Apalagi anak saya agak tidak suka jika dipaksa melakukan sesuatu, dia akan marah dan melempar apa-apa yang ada didepannya, hehe...jadi saya biarkan saja dulu untuk sementara.

Untuk masalah alat: saya menggunakan pewarna makanan, kertas HVS, tikar, mangkok yang cukup bagi tangan anak untuk masuk dan keluar dengan mudah. Sedangkan untuk masalah tempat: saya lebih memilih di "outdoor". Pertimbangannya simpel, hehe...anak bisa merasakan udara bebas, mengenal apa-apa yang ada disekelilingnya (apalagi di Riyadh, kesempatan bagi kami untuk keluar ke taman hanya ada pada waktu libur), dan ibu tidak perlu terlalu khawatir akan "warna-warni" yang akan menghiasi lantai rumahnya, hehe..

Tujuan kegiatan ini: mengenalkan anak pada warna, melatih kreativitas anak.
Metodenya: Tuangkan pewarna makanan kedalam mangkok secukupnya. Siapkan kertas HVS Lapis 2. Alas dengan tikar/koran/plastik. Dudukkan anak dihadapan kertas, dan kita contohkan untuk mengambil warna dengan jari dan melukisnya diatas kertas. Rata-rata anak seumur ini senang coret-coret dan meniru, hehe...jadi mari kita fasilitasi dengan benar.

Ini merupakan kesempatan pertama bagi saya dalam mendidik anak, sehingga masih sangat butuh pengalaman dari ibu-ibu yang lain. Jika ada teman-teman yang punya ide brilian tentang pendidikan anak, tolong di share ya.. Jazaakumullaahukhoyr, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar