Qur'an Flash

Qur'an Flash
"Dan Bacalah Qur'an dengan tartil" (sangat berguna terutama bagi mereka yang sedang haidh atau nifas yang tidak memungkinkan untuk menyentuh qur'an secara langsung)

Sabtu, 22 Oktober 2011

Mpek-Mpek Ikan Teri

Yup, gak salah baca koq...kali ini saya mencoba membuat mpek-mpek dari ikan teri dengan sedikit modifikasi dari berbagai "guru"yang bersedia share hasil racikannya ke saya.
Mpek-mpek ikan teri ini, berasal dari ide tetangga saya sewaktu saya masih di Bandung. Rasanya enak walaupun memang tidak bisa dibandingkan dengan mpek-mpek ikan tenggiri...hahah...tetep lah...ada barang ada harga...hehe...but i think it's also delicious en it's cheaper, hehe... Yah...gak di Indonesia saja ternyata dimana harga ikan tenggiri itu mahal, di Saudi juga bisa dibilang relatif mahal (ikan yang muda: sekitar 28 SR/kg, sedangkan ikan yang "tua" (i mean, it's very good, if you want to make mpek-mpek with this kind of fish meat) sekitar 42 SR/kg). Heehehe...jadi bisa kita ganti dengan ikan teri dan dapat tambahan kalsium ekstra tentunya kaan...?!


Saya coba dengan resep ini:

Mpek-mpek Ikan Teri sebelum di goreng (dilumuri sedikit dengan tepung kanji)

Bahan:
1. Ikan teri  4 sdk makan (karena ini percobaan, jadi saya bikin sedikit dulu)
2. Bawang putih 3 siung
3. Tepung terigu 2 sdk makan
4. Butter/ margarine 2 sdk makan
5. Telur 1 bh
6. Tepung kanji (secukupnya, saya tidak menghitung berapa ukurannya, yang penting sampai tidak lengket dan bisa dibentuk)

Cara Membuat:
1. Blender bawang putih dengan air 1/3 gelas sampai halus. Lalu masukkan ikan teri, dan blender sampai halus. Sisihkan.
2. Cairkan butter/margarine, lalu masukkan tepung terigu, kemudian masukkan adonan ikan teri tadi, lalu masak diatas api kecil, hingga mengental, dan tidak lengket di panci. (adonannya harus benar-benar kental dan bisa diangkat pakai sendok tanpa meninggalkan sisa di panci).
3. Daimkan adonan no.2 tersebut sampai dingin. (Kalau saya, saya masukkan ke dalam lemari es, sampai agak dingin)
4. Aduk adonan tersebut dengan telur, hingga kental, dan adonan tidak lengket ditangan. (Awal mengaduk pasti akan lengekt di tangan, namun terus diaduk hingga adonan tidak terlalu lengket.)
5. Masukkan tepung kanji, sedikit demi sedikit, lalu aduk perlahan menggunakan ujung-ujung jari saja, tidak perlu seperti mengulen roti (menggunakan telapak tangan) sampai tidak lengket ditangan.
6. Lalu bentuk sesuai selera. (Kalau saya lebih suka bentuk lenjer, jadi semuanya saya benuk lenjer, hehehe...)
7. Masukkan ke dalam air rebusan yang sudah mendidih dan diberi sedikit minyak. Rebus hingga mpek-mpek mengapung. Setelah mengapung bisa dikukus sebentar, untuk memastikan bahwa bagian dalamnya matang. Kalau nggak dikukus juga gak apa-apa.
8. Tiriskan mpek-mpek yang sudah mengapung, taburi tepung kanji sebelum di simpan.
9. Kalau mau disajikan, bisa digoreng dulu, atau dikukus lagi. Sajikan dengan kuah cuko.

Note:
1. Jangan tambah air selain untuk memblender ikan teri itu aja yah...
2. Kalau ikan terinya tidak asin, bisa ditambah garam, tapi kalau asin, tidak perlu ditambah, insyaALLAH udah cukup koq.

Setelah digoreng, warna putihnya sisa-sisa dari tepung kanji

Setelah dipotong-potong dan diberi kuah (memanfaatkan cuko yang masih ada di kulkas, hehe..)



Thanks to:
1. Tetangga saya, Ibu Tuti atas ide mpek-mpek terinya.
2. Teman kantor mertua saya, atas proses mpek-mpek yang menguleni bahan dasar dengan kuat, namun setelah dicampur terigu tidak boleh diuleni seperti mengulen roti.
3. Tetangga saya di Saudi, Teh Ima, atas tipsnya menggunakan tepung terigu dan butter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar