Qur'an Flash

Qur'an Flash
"Dan Bacalah Qur'an dengan tartil" (sangat berguna terutama bagi mereka yang sedang haidh atau nifas yang tidak memungkinkan untuk menyentuh qur'an secara langsung)

Jumat, 10 September 2010

Sholat Fardlu di Belakang Orang yang Sholat Nafilah

Fulanah A datang ke mushola, eh ada yang lagi sholat, ceritanya mau ikutan, biar jama'ah gitu. Akhirnya si "imam" sudah selesai, tapi masih diam di tempat. Setelah fulanah A menyempurnakan sholatnya, sang "imam" berkata," eh ukh 'afwan yah, tadi ane sholat sunnah..." gubraaaaaaaaaaaak....waduuuuuuuuh, ngulang sholat lagi gak ya????

BAGAIMANAKAH PENDAPAT ULAMA TENTANG SHOLATNYAORANG YANG SHOLAT FARDHU DI BELAKANG ORANG YANG SHOLAT NAFILAH?

Syaikh 'abdul Aziz bin 'Abdullah bin Baaz rahimahullah menjawab,
" Tidak mengapa orang yang sholat fardhu menjadi makmum di belakang orang yang sholat nafilah (sunnah). Sebab telah tsabit dari rasulullah pada sebagian sholat khauf, bahwasanya beliau sholat dengan satu kelompok pasukan dua raka'at kemudian salam. Shalat pertama yang beliau lakukan adalah sholat fardlu dan yang kedua sholat nafilah, sedangkan yang menjadi makmum di belakang beliau melakukan sholat fardhu. Juga telah tsabit dalam shahihain dari Mu'adz bin Jabal, bahwasanya dia biasanya sholat bersama Nabisholat 'isya kemudian kembali ke kaumnya dan sholat mengimami mereka dengan sholat tersebut, dia mengerjakan sholat nafilahsedang kaumnya mengerjakan sholat fardhu ( di belakangnya sebagai makmum)
Yang semisal ini, kalau seandainyaseseorang di bulan ramadhan, mereka sholat tarawih dalam keadaan dia belumsholat fardhu 'isya, maka dia sholat bersama mereka melakukan sholat 'isya agar mendapatkan keutamaan sholat berjama'ah. Apabila imam telah salam dia berdiri menyempurnakan sholatnya.

Allaahua'lam

2 komentar:

  1. Bismillah
    Oohh..gitu ya..
    Yang ini ana izin copas juga ya..buat bahan buletin edisi-edisi mendatang,insyaALLAH.
    Jazakillahu khoiron..

    BalasHapus