Qur'an Flash

Qur'an Flash
"Dan Bacalah Qur'an dengan tartil" (sangat berguna terutama bagi mereka yang sedang haidh atau nifas yang tidak memungkinkan untuk menyentuh qur'an secara langsung)

Rabu, 12 Januari 2011

Baso Tahu Ikan Tenggiri

Lagi pengen banget baso tahu....hiks...kl di Bandung, tiap sore insyaALLAH abang baso tahunya nongkrong di komplek, jd gampang, murah lagi, hehe....Yah dari pada nunggu semester depan (pas pulang ke Indonesia), br makan baso tahu, mending kita buat sendiri sajalah...

ini baso tahunya, plus sambal kacangnya (kl ini pake bumbu pecel, soalnya laper, jd pengen cepet aja, hehehe)



Bahan:
a. Biang:
1. Tepung terigu (2 sendok)
2. Air (150 ml)
3. Bawang putih (2-3 siung, dihaluskan)
4. Merica bubuk (sdkt)
5. Garam



Saya pakai biang agar baso tahu menjadi lebih lembut, tidak terlalu keras dan kenyal, karena suami gak bisa makan yang keras-keras, ehehe...

b. Untuk adonan Baso tahu:
1. Ikan Tenggiri (300 gr, siangi dan haluskan -kl saya pakai blender-)
2. Tepung kanji (150 gr)



Perbandingannya 2:1 nih, soalnya kami suka baso tahu yang ikannya terasa dan lembut. 


c. Untuk pelengkap baso tahu:
1. Tahu putih
2. Tahu Goreng (dipotong bentuk segitiga, lalu tengahnya dikeluarkan sebagian)
3. Kol (Lembarannya usahakan tetap bulat, agar bisa digulung nantinya)
4. Kentang
5. Telur Rebus (kl disini saya tidak pake, karena saya tidak suka mencampur telur dan ikan. Campuran ini menurut thibbun nabawi tidak baik bagi tubuh, tapi belum tau juga euy reaksi apa yang ditimbulkan, hehe..)
6. kulit lumpiah/kulit siomay (yg kering)


d. Bumbu Kacang
1. Kacang tanah (digoreng)
2. Cabe merah ( 2 bh yang besar)
3. Bawang putih ( 1 siung)
4. Bawang merah ( 1 siung )
5. terasi
6. Gula merah
7. Ikan teri (digoreng dan dihasluskan, kl suka, ini udah jadi langganan kl bikin bumbu kacang di keluarga saya, soalnya pada doyan ikan teri, hehe..)


Tapi kalau malesss...pake bumbu pecel jadi aja, hehe...


Cara membuat:
1. Masak adonan biang: Larutkan tepung terigu dengan air. Masukkan bawang putih dan merica, masak diatas api. Aduk hingga mengental. (Aduk terus yah...soalnya kalo gak diaduk terus jadi bergumpal-gumpal)


2. Membuat adonan baso tahu: campur adonan biang dengan ikan tenggiri. Setelah tercampur rata, masukkan tepung terigu, aduk menggunakan sendok. Cicipi. (Kalau suami saya suka agak asin, jadi harus dibuat lebih asin, soalnya terkadang saat dikukus asinnya agak berkurang, kenapa ya? hehe...)


3. Memasak Baso tahu:
@ Siapkan loyang kukusan, beri minyak di permukaanya.
@Bentuk adonan baso tahu. Baso :bentuk menggunakan 2 sendok, Tahu: Masukkan adonan baso tahu menggunakan garpu ke dalam tahu, dan tutupi permukaan yang bolong tadi dengan guratn2 garpu. Kentang: Rebus aja, hehe...,Kol: rebus sampai lemas, lipat kedua sampingnya ke arah dalam, lalu gulung, siomay kulit: letakkan sesendok adonan ditengah kulit, lalu ujung2 kulit diarahkan ke tengah, membentuk buntalan.
@Kukus: kalo saya, air dibawah kukusan untuk merebus kol, dan kentang, sedangkan baso tahunya dikukus diatas loyang kukusan. Biar jadi sekalian, hehe...


4. Bumbu kacang:
Haluskan semua bahan. Kalau saya pake blender yang dikasih minyak sedikit. Setelah halus, baru dicairkan dengan air hangat.


5. Penyajian: Potong-potong baso tahu, dan kawan-kawannya, taburi bumbu kacang dan kecap, beri perasan jeruk nipis sedikit kalau suka


Ini dia:


ini jadinya, mirip kan ya? hehehe...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar