Qur'an Flash

Qur'an Flash
"Dan Bacalah Qur'an dengan tartil" (sangat berguna terutama bagi mereka yang sedang haidh atau nifas yang tidak memungkinkan untuk menyentuh qur'an secara langsung)

Rabu, 22 Desember 2010

Mpek-mpek Ikan Tenggiri

Alhamdulillah akhirnya dapet juga "ramuan" mpek-mpek yang pas dilidah zaujy -selaku orang yang sudah lama menetap di palembang-. Mula-mula bikin mpek-mpek: "ini terlalu keras", "kebanyakan tepung ya? ikannya gak terasa.", "ini terlalu lembut, kl mpek2 itu agak kenyal-kenyal sedikit". Dan eksperiman pun terus berlanjut, dan akhirnya keluar juga pernyataan Beliau, "iya ini udah enak, lembut, ikannya terasa, iya udah kayak gini." Alhamdulillah, hehe...


Btw, ini yang saya buat baru bentuk lenjer dan bola, kalo bentuk kapal selam belum bisa. Waktu itu pernah nyoba, jadinya ikannya terlalu banyak sedangkan telurnya seuprit, hehe...Yah...akhirnya cara terakhir saya masukkan telur puyuh yg sudah direbus, lumayanlah...Untuk mpek-mpek kapal selam, mesti eksperimen lagi nih...dan perlu menimbang efek mencampur telur dan ikan yang menurut saran pakar gizi dan dr thibbun nabawi, katanya nggak boleh...So, amannya bikin mpek-mpek lenjer dulu ya...

Karena selera orang berbeda-beda, ada yang suka keras, lembut, nggak terlalu kerasa ikannya, saya disini menulis resep mpek-mpek yang sesuai lidah saya dan suami saya (mungkin cocok juga dengan selera Anda, hehehe...),ini dia:

Mpek-mpek ikan tenggiri. Hehe utk kuah yang ini, ngambil dr sisa kuah mpek2 kiriman mertua.


Bahan:
Untuk Biang (Saya pakai biang, karena menurut hasil searching di internet dan nanya2 teman, hasilnya lebih lembut dan ikannya terasa):
1. Tepung terigu (2 sendok)
2. Air (150 ml)
3. Mentega (1 sdm)
4. Bawang putih (2-3 siung, dihaluskan)
5. Merica bubuk (sdkt)
6. Garam

Untuk adonan mpek-mpek:
1. Ikan Tenggiri (300 gr)
2. Tepung kanji (150-200 gr)
Nah, katanya semakin banyak ikannya semakin enak, ada yang bilang perbandingan ikan:kanji=4:1, tapi pernah nyoba begini, kata suami terlalu lembut, jadi kl saya perbandingannya ya 2:1 atau 3:2, sekitar segitu.

Untuk kuah:
1. Gula merah
2. Cabe rawit
3. Bawang putih
4. Garam
5. Asam jawa
6. cuka (optional, kl saya kurang suka, dan suami saya juga kurang suka terlalu asam, jadi kdg tdk dipakai)

Cara Membuat: 
1. Masak biang: Larutkan tepung terigu dengan air, masukkan ke dalam panci, masukkan mentega, bawang putih, merica bubuk. Aduk terus hingga mengental. Matikan kompor, dinginkan.
2. Sisir ikan tenggiri, haluskan dengan blender. Campur ikan tenggiri tadi dengan biang, kemudian masukkan tepung kanji. (note: campuran ini agak lengket, tapi nggak apa-apa. Kalo ingin ikannya tetap terasa, jangan ditambah tepungnya, diamkan saja beberapa saat)
3. Bentuk mpek-mpek dengan bantuan minyak goreng. (kl saya, jika adonan lengket, saya olesi tangan saya dengan minyak, baru saya pungut adonan, dan dibentuk. Alhamdulillah jadinya mulus) 
4. Masukkan ke dalam air rebusan, tunggu sampai mengapung (sebelumnya olesi panci dengan minyak. Jika mpek-mpek sudah mengapung, artinya sudah matang) 
4. Kuah: Haluskan bawang putih dan cabe rawit. Rebus gula merah, masukkan bwg putih dan cabe rawit, lalu terakhir masukkan asam jawa dan garam. Cicipi sampai terasa manis, asam, pedas. 
5. Penyajian: Mpek-mpek boleh langsung dimakan dengan kuah dan irisan ketimun. Tapi kalau kami, lebih senang digoreng dulu sampai ada kulitnya yang kecokelatan, baru dimakan bersama kuah dan ketimun.

hehe...bwt teman-teman yang punya pengalaman bikin mpek-mpek share ya...masih mau belajar terus nih...Syukron, semoga ini membantu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar